Minggu, 17 Mei 2015

EMOSI




EMOSI DALAM PSIKOLOG PENDIDIKAN

A.    Definisi Emosi
Kata emosi berasal dari bahasa latin, yaitu emovere, yang berarti bergerak menjauh. Arti kata ini menyiratkan bahwa kecenderungan bertindak merupakan hal mutlak dalam emosi. Menurut Daniel Goleman (2002 : 411) emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak.
Biasanya emosi merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri individu. Sebagai contoh emosi gembira mendorong perubahan suasana hati seseorang, sehingga secara fisiologi terlihat tertawa, emosi sedih mendorong seseorang berperilaku menangis.Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. (Prawitasari,1995)
Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Emosi adalah suatu perasaan (afek) yang mendorong individu untuk merespon atau bertingkah laku terhadap stimulus, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya.Pengertian Emosi Dalam kehidupan banyak sekali permasalahan, dalam berita-berita banyak dikabarkan orang masuk jeruji besi hanya karena tidak dapat menahan emosi. Pemukulan, adu fisik dan bahkan pembunuhan. Alangkah sayangnnya permasalah itu timbul hanya karena masalah sepele dan emosi yang meluap-luap.


B. Fakor-faktor yang mempengaruhi Emosi
1.      Perubahan fisiologis pada wajah, otak,dan tubuh.
Raut wajah gerak tubuh. Contoh : tepuk tangan sambil bilang yaa..
2.      Proses kognitif
Kecerdasan berpikir, baik atau buruknya emosi bergantung pada cara berpikir otak.
3.      Pengaruh budaya
 Kebiasan prilaku sesorang, dialeg orang indonesia timur biasanya bernada bicara tinggi.

C. Perkembangan Moral
Perkembangan moral adalah pemahaman kita tentang benar dan salah suatu tidakan manusia atau kejadian yang memunculkan perspektif tersendiri. Teori perkembangan moral biasanya fokus pada panalaran moral kita bagaimana kita melakukan penilaian tentang apakah suatu hal benar atau salah.

D. Teori Perkembangan Moral


E. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral

Lingkungan Keluarga
            Keluarga sebagai lingkungan pertama yang mempengaruhi perkembangan nilai, moral dan sikap seseorang. Biasanya tingkah laku seseorang berasal dari bawaan ajaran dari kedua orang tuanya. Orang-orang yang tidak memiliki hubungan yang harmonis dengan orang tuanya dimasa kecil, kemungkinan besar mereka tidak mampu mengembangkan superegonya hingga mereka bisa menjadi terbiasa menjadi orang yang melakukan pelanggaran norma.

Lingkungan Sekolah
            Disekolah anak-anak mempelajari nilai-nilai norma yang berlaku dimasyarakat sehingga mereka juga dapat menentukan mana tindakan yang baik dan boleh dilakukan. Tentunya dengan bimbingan guru. Anak-anak cenderung menjadi guru sebagai model dalam bertingkah laku, oleh karena itu guru harus memiliki moral yang baik.

Lingkungan Pergaulan
            Dalam perkambangan kepribadian, faktor lingkunagn pergaulan juga turut mempengaruhi nilai,moral dan sikap. pada masa remaja, biasanya sesorang selalu ingin mencoba sesuatu hal yang baru. Dan selalu ada rasa tidak enak apabila menolak ajakan teman. Bahkan terkadang seorang teman juga bisa dijadikan panutan baginya.

Lingkungn Masyarakat
            Masyarakat sendiri juga mmiliki pengaruh yang penting terhadap pembentukan moral. Tingkah laku yang terkendali disebabkan oleh adanya control dari masyarakat itu sendiri yang mempunyai sanksi-sanksi tersendiri untuk si pelanggarnya.


Teknologi
            Pengaruh dari kecanggihan teknologi juga memiki pengaruh kuat terhadap terwujudnya suatu nilai. Diera zaman sekarang, remaja banyak sekali menggunakan teknologi untuk belajar maupun sebagai hiburan. Contoh : internet memiliki fasilitas yang menawarkan berbagai informasi yang dapat diakses secara langsung.

F. upaya pengembangan Nilai moral, dan Sikap Seperti Implikasinya bagi Pendidik.



Daftar pustaka


Emosi : http://belajarpsikologi.com/pengertian-emosi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar